Pengedar Dolar Palsu Senilai Rp 1 Miliar Ditangkap Polda Metro Jaya

Pengedar Dolar Palsu Senilai Rp 1 Miliar Ditangkap Polda Metro Jaya – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya tangkap komplotan pengedar uang dolar palsu. Mata uang palsu sejumlah hampir Rp 1 miliar diambil alih polisi.

“Di daerah Sawangan, Depok, ada peredaran disana, lantas team Resmob Kanit 3 turun ke lapangan. Disana dengan teknik-taktik, penyidik pada akhirnya menemukannya terduga HW sama GHA,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Argo menyebutkan polisi terima laporan warga mengenai ada peredaran uang dolar palsu di daerah Telaga Golf Bojongsari, Sawangan, Depok. Laporan itu di terima polisi pada 25 Maret 2019.

Dalam hari yang sama, polisi langsung tangkap pemeran. Polisi tangkap ke-2 pemeran seusai menyamar jadi konsumen.

“Ada kala itu terduga HW serta GHA membawa tanda untuk bukti berbentuk mata uang asing serta seusai mengerjakan jual-beli dengan petugas, lantas dilaksanakan penangkapan,” papar Argo.

Terhadap polisi, ke-2 terduga mengatakan mendapat uang palsu itu dari terduga M. M lantas diamankan di kediamannya di lokasi Depok dalam hari yang sama.

“M mendapat uang itu dari orang pun saat ini tetap dicari ia mencapainya. Lantas ia pun punyai alat ultraviolet ini untuk perlihatkan ke korban yang pengen beli ini uang benar begitu,” kata Argo.

Argo tak menuturkan lebih detil berapakah harga jual dolar palsu itu. Lantaran, dia menyebutkan polisi sampai sekarang masih menggali info banyak terduga itu.

Dari tangan terduga, polisi mengambil uang palsu pecahan USD 100 sejumlah 100 lembar, 100 lembar uang palsu pecahan euro 500, sebuah lampu ultraviolet, serta tiga unit mobile phone pemeran.

“Atas tindakannya, pemeran dikenai Klausal 245 KUHP dengan bahaya hukuman pidana penjara sangat lama 15 tahun,” pungkas Argo.