Planet Saturnus Dapat Dilihat Dari Semua Daerah Di Indonesia

Planet Saturnus Dapat Dilihat Dari Semua Daerah Di Indonesia – Planet Saturnus sedang ke arah titik paling dekat dengan Bumi. Karena kejadian itu, Saturnus juga dapat dilihat dengan mata telanjang malam hari ini.

Ketua Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menjelaskan kejadian mendekatnya Saturnus dapat dilihat dari Indonesia. Kejadian ini, menurut dia, dapat dilihat dengan mata telanjang.

“Ya. Dalam beberapa ini hari planet Saturnus kelihatan paling jelas. Dengan mata biasa terlihat jadi bintang jelas yang keluar setelah magrib, terlihat sampai mendekati matahari keluar. Dengan teleskop akan kelihatan cincinnya,” kata Thomas Djamaluddin waktu dihubungi, Selasa (9/7/2019).

Ia menerangkan kejadian planet Saturnus ini dapat dilihat dari semua daerah di Indonesia. Tetapi berkaitan tingkat keterangannya tergantung pada kondisi cuaca.

Selain itu, seperti yang dikutip dari The Guardian, tempat paling dekat dari planet luar ke Bumi diketahui jadi oposisi. Karena, planet ada dibagian yang bersimpangan dari langit dengan matahari. Kenyataannya, pada oposisi Matahari, Bumi serta Saturnus searah keduanya, dengan planet Bumi ditengah-tengah. Ini berlangsung saat Bumi bertambah cepat mengelilingi Saturnus.

Grafik tunjukkan penampilan pada jam 12.30 pagi BST (British Summer Time) pada 10 Juli 2019. Saturnus akan ada jadi ‘bintang’ dengan kecerahan sedang. Satu planet yang mendekat, yaitu Jupiter. Jupiter akan ada pada ketinggian yang sama juga dengan Saturnus tapi lebih jauh ke barat.